The Cethe-@rt

Ah, akhirnya bisa juga saya menulis lagi. Setelah beberapa minggu pc saya rusak dan akhirnya bias karena saya bawa ke tukang service. Banyak kejadian yang tidak sempat saya tulis dan tidak bias saya kerjakan karena terhalang hal ini. Kerjaan kacau, musti ke warnet (yang akhirnya gak selesai-selesai karena lupa ngenet). Wkwkwkkkkkk..

Ok..
Sekarang melanjutkan proyek yang sudah lama tertunda. Cethe Merchandise. Ditengah kesibukan saya di Refresh Laundry Service akhirnya saya bisa mengganti alamat blog kami. Untuk mengaksesnya, sekarang Cethe Merchandise bisa dengan alamat http//:cethe.co.cc. Walaupun tidak update, tapi sekarang cethe merchandise punya anggota tim yang baru. Fonda Daniswara. Mahasiswa baru Universitas Brawijaya jurusan perikanan ini punya minat yang besar terhadap pelestarian salah satu budaya bangsa ini. Berbekal semangat baru karena baru akan masuk kuliah tahun ini, diharapkan tambahan personil ini akan sangat membantu tumbuh dan berkembangnya kerajinan asli Tulungagung ini.

Kota Tulungagung

Kota Tulungagung memang kurang begitu diminati secara aspek pariwisata. Kurangnya popularitas menjadi salah satu penyebab yang harus di imbangi oleh gebrakan-gebrakan promosi pihak-pihak yang terkait tentunya. Wajar saja ketika saya mencoba bertanya pada orang-orang yang berdomisili di Surabaya misalnya, mendengar kata Kota Tulungagung, mayoritas pendapatnya adalah “Tulungagung yang di bagian selatan itu ya?.” Apakah mempunyai tempat pariwisata? “Hmmmm…. Kurang Tahu Ya….” Tuh kan…

Bukan berarti ketenaran bukan menjadi tujuan utama memang. Tetapi suatu hal yang akan menjadi sulit untuk menyukai atau paling tidak muncul keinginan di benak orang untuk mengunjungi ketika orang sama sekali tidak mengenal kota tersebut.

Media Promosi Budaya dan Pariwisata

Salah satu sarana untuk pengenalan dan penyebarluasan informasi tentang kota tulungagung adalah dengan merchandise (baca: souvenir). Bukan apa-apa, informasi dari mulut seseorang akan lebih di percaya daripada sarana promosi yang lain bahkan iklan tv kan…?

Warung kopi Tulungagung Refresho Coffee Shop

Warung kopi Tulungagung Refresho Coffee Shop

Keunikan menjadi salah satu ide unik Cethe Merchandise. Disamping pengembangan dari daur ulang sampah, budaya khas Indonesia itu menjadi salah satu ide yang menarik untuk dikembangkan.

Terlepas apakah cethe kontroversi dengan kebijakan dilarang merokok yang semakin intens oleh pemerintah, cethe tetap merupakan salah satu budaya bangsa yang terlahir dari bumi Indonesia. Warisan dari nenek moyang yang harus dilestarikan. Bila selama ini diterapkan pada rokok yang akan memunculkan wacana yang negative terhadap masa depan pemuda bangsa, cara lain tetap bisa di lakukan. Cethe merchandise akan menjadi salah satu ikon budaya yang selalu positif karena tidak merusak generasi bangsa melainkan akan menumbuhkan perekonomian dan pariwisata daerah setempat. Dengan ide dasar daur ulang kopi yang sudah diminum, cethe akan melahirkan suatu wadah seni yang unik dan kreatif. Memanfaatkan limbah-limbah yang sudah tidak bernilai guna, karya seni yang indah akan tercipta dari sini. Mulai dari barang-barang kebutuhan rumah tangga, hiasan seni (baca:lukisan) sampai wallpaper (baca: hiasan dinding) yang berasal dari limbah cethe sebagai bahan utamanya.

Merchandise

Jika orang berkunjung ke Tulungagung, sekarang tak perlu lagi bingung untuk memilih souvernir yang tepat. Benar-benar “Tulungagung”. Berbagai bentuk Cethe Merchandise bisa menjadi pilihan yang bijak. Selain unik, merchandise ini akan menjadi salah satu hiasan yang unik yang akan menjadi salah satu bagian rumah Anda.

Untuk memunculkan suatu keunikan tersendiri, Cethe merchandise wallpaper bisa menjadi pilihan tepat untuk rumah Anda. Berbagai pilihan macam corak dan ukuran bisa kami ciptakan untuk menghiasi rumah Anda. Anda tinggal menentukan corak yang Anda suka, dengan di Bantu tim konsultan kami, motif terbaik akan sesuaikan dengan selera Anda. Hiasan khas Indonesia ini akan menjadi salah satu bagian penting rumah Anda.

Definisi Cethe

sampai saat ini saya belum menemukan definisi khusus mengenai cethe. Jika di analisa gambaran deskriptifnya, cethe berarti suatu seni menggambar sebatang rokok dengan menggunakan media sari kopi yang paling halus untuk maksud atau tujuan membuat rokok berasa menjadi lebih nikmat atau sekedar mengisi waktu luang di saat minum kopi. Alat yang digunakan untuk menggambar bisa menggunakan batang korek api, sendok serta silet. Biasanya proses pembuatan cethe di lakukan di warung kopi khusus yang menyediakan kopi cethe sebagai bahannya.

Bagi teman-teman sekota dan sebudaya….

Silahkan isi tanggapan untuk mendiskusikan mengenai kebudayaan cethe ini. Mungkin kelak akan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat -kalau bukan untuk kita-  pasti bagi yang lainnya..

13 Agustus 2009

Sasang Priyo Sanyoto

Tulisan lainnya:

Kopi Hijau Unik Khas Jawa Timur

Gelas Batik Unik dengan Kopi di Refresho Kedai Kopi Sidoarjo

Gelas Batik Unik dari Cethe Merchandise di Refresho Coffee Shop Sidoarjo

East Javanese Cethe Merchandise

Lampion Khas Jawa Timur

Souvenir Pernikahan Shop

Khas Jawa Timur Cethe Merchandise

Bisnis Kerajinan Tangan

Membuat Kerajinan Tangan

Forum UKM Indonesia

Pemesanan Cethe Merchandise, Kerajinan Tangan Khas

Poll: Menurut Anda, Apa yang bisa di lakukan CetheMerchandise untuk memajukan Kota Tulungagung, Jawa Timur-Indonesia

Kerajinan Tangan Khas Indonesia

Warung Kopi Sidoarjo | Refresho Cafe

Coffee Shop Sidoarjo | Refresho Cafe

Cafe Sidoarjo

Tips Praktis Pemasaran Kerajinan Khas Daerah Tulungagung Jawa Timur

Tantangan Usaha Kerajinan Khas Daerah Tulungagung

GEBYAR PELAYANAN PUBLIK TULUNGAGUNG 2-7 November 2009

Rokok Cethe

The Cethe-@rt

4 Balasan ke The Cethe-@rt

  1. aGUS riy@nto mengatakan:

    Salam kenal dari : http://kopicethetulungagung.blogspot.com/
    Cethe atau Nyethe, hal tersebut tidak dapat terpisahkan dengan rokok dan kopi. ” Cethe ” merupakan kata benda yang artinya ampas wedang kopi yang telah diendapkan dan siap untuk dioles-oleskan pada batang rokok. Sedangkan ” Nyethe ” merupakan kegiatan mengoles-oleskan ampas wedang kopi pada batang rokok. Sedangkan ” Kopi Cethe ” yaitu kopi yang memang khusus digunakan untuk kegiatan nyethe dengan istilah lain ” Wedang Kopi Cethe “. Namun hal tersebut belum tentu semua kopi cethe digunakan untuk kegiatan nyethe, ada kalanya hanya sekedar untuk diminum dan dinikmati rasanya saja. Hasil rokok yang sudah dicethe sangat bervariasi tergantung inspirasi orangnya saja…

  2. rizqi mengatakan:

    mas agus riyanto, saya rizqi dari tulungagung. sekarang kerja di surabaya. saya mau mengadakan penelitian mengenai cethe. bisa tahu alamat du tulungagung sebelah mana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: